Tapi agar terus berkembang, seorang pemilik usaha harus terus mengembangkan jaringannya agar memperoleh konsumen yang lebih banyak lagi. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:
1. Memanfaatkan dengan maksimal database yang ada
Cara memanfaatkan database dengan maksimal antara lain:
- Memeriksa kembali satu per satu data – data konsumen yang telah tercantum dalam database tersebut
- Mengelompokkan konsumen dalam 4 kategori, konsumen yang tidak aktif, kurang aktif, cukup aktif, dan yang potensial
- Hubungi konsumen yang masuk dalam kategori tidak aktif, tanyakan ketidakaktifannya kemudian buat catatan kecil untuk menindaklanjuti, jika ada catatan ketidakpuasan yang mereka alami segera lakukan perbaikan
- Hubungi konsumen yang masuk kategori kurang aktif dan cukup aktif, cari tahu lebih banyak lagi kebutuhan mereka yang bisa kita penuhi. Jaga juga hubungan baik untuk menciptakan peluang yang tidak aktif ini akan berkembang menjadi konsumen yang potensial
- Jaga hubungan baik dengan konsumen yang masuk kategori aktif dan minta referensi konsumen – konsumen yang baru kepada mereka
2. Aktif memperkenalkan usaha sendiri kepada orang lain
Untuk memperoleh konsumen, kita harus
aktif memperkenalkan dan memasarkan usaha yang kita jalankan. Salah satu
cara yang efektif dengan media internet seperti blog, facebook,
twitter, atau situs jejaring sosial lainnya. Bisa dengan cara memberikan
sedikit deskripsi yang menggambarkan pemiik usaha juga mengulas
berbagai produk dan jasa yang disediakan dalam bisnis kita sehingga
diharapkan akan semakin banyak orang yang mengenal kita dan dapat
meningkatkan peluang penjualan.
3. Menambah referensi konsumen baru
Untuk menambah referensi konsumen baru,
Anda dapat meminta referensi dari orang – orang terdekat Anda, seperti
orang tua, saudara, keluarga, tetangga, bahkan teman-teman Anda. Ini
adalah cara memperoleh konsumen baru yang efektif dan efisien karena
referensi ini kita dapatkan dari orang-orang yang kita percaya dan
biasanya para calon pelanggan kita juga akan lebih mudah menerima kita
jika kita menyebutkan siapa pemberi referensinya. Akan lebih mudah masuk
ke seseorang yang baru kita kenal dengan menyebutkan nama orang lain
yang juga mereka kenal.
4. Menambah relasi untuk mengembangkan jaringan
Pemilik usaha memerlukan
jaringan/networking yang luas sehingga mempercepat berkembangnya usaha
yang dijalankan. Anda dapat memulai dengan mengikuti berbagai seminar,
atau berkumpul dengan berbagai komunitas terutama komunitas pemilik
usaha, atau dapat juga dengan datang ke berbagai pameran bisnis untuk
melihat peluang dan mengembangkan jarigan. Hal – hal yang dilakukan
dalam mengembangkan jaringan antara lain:
- Bertukar kartu nama, sebagai pemilik usaha, kartu nama sangatlah penting karena dengan kartu nama kita bisa memperkenalkan diri dan usaha yang kita jalankan pada kenalan baru, teman, atau relasi yang tidak sengaja kita temui. Kita harus selalu membawa kartu nama, dan ajaklah kenalan baru yang kita temui untuk bertukar kartu nama.
- Berkenalan dengan banyak orang, anda harus selalu ramah dan tersenyumlah untuk memulai suatu perkenalan daam suatu acara. Dengan banyak kenalan akan memperbanyak orang – orang yang akan membantu memperbesar jaringan yang sudah dimiliki.
- Aktif di komunitas, bersikap aktif di komunitas juga penting agar orang dapat lebih mengenal kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar