Laman

Rabu, 22 Januari 2014

Bisnis Plan Envy Beauty Salon

Tugas Kewirausahaan                                                                                      Medan, Desember  2009



ENY BEAUTY SALON


Dosen penanggung jawab:
Dr. Budi Utomo, S.P, M.P


Oleh:
Henny M Sitorus       071201024
Tetty Sinaga               071201041



FPERTA~1




DEPARTEMEN KEHUTANAN
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS SUMATERA UTARA
2009

  1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Beauty Salon adalah sebuah usaha perseorangan yang bergerak di bidang jasa kecantikan baik itu berupa kecantikan wajah, kecantikan rambut dan kecantikan badan. Usaha ini dikhususkan bagi para wanita baik anak-anak remaja hingga orang dewasa. Jenis jasa yang ditawarkan sangat variatif mengingat kebutuhan akan kecantikan merupakan idaman bagi setiap wanita. Salon merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan hal tersebut. Selain itu, pelayanan yang baik menjadi andalan salon tersebut untuk meningkatkan mutu pelayanan bagi pengunjung salon sehingga tidak akan mengecewakan pelanggan. Beauty Salon berada di lokasi yang strategis di kota Medan sehingga memudahkan pelanggan dapat mudah unuk mengunjungi salon ini.
Prospek pengembangan usaha salon ini sangat menjanjikan mengingat pangsa pasar yang cukup besar khususnya bagi perempuan dimana seiring perkembangan jaman, tren dan model gaya rambut yang terus berubah ditambah kebutuhan akan kecantikan diri sangat penting bagi perempuan. Berangkat dari pemikiran ini kami membuat ide untuk membuka usaha salon kecantikan yang cukup menggiurkan di dunia bisnis ini.



1.      LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

 2.1 DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan
Beauty Salon

2.         Nama Anggota
Henny M. Sitorus
Tetty Sinaga

3.         Bidang Usaha
Usaha Salon kecantikan

4.         Jenis Produk / Jasa
Perawatan rambut, wajah dan badan

1.2  STRUKTUR ORGANISASI

 






 


2.3  SUSUNAN PEMILIK / PEMEGANG SAHAM

NAMA
Persentase
Henny M. Sitorus
Tetty Sinaga
50%
50%
TOTAL
100%

2.      ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1  Produk / Jasa yang Dihasilkan

            Beauty salon menawarkan berbagai bidang jasa dalam kecantikan para wanita. Jasa yang ditawarkan dalam usaha tersebut adalah jasa perawatan rambut seperti pemotongan rambut, Creambath, pelurusan rambut, keriting rambut, spa, masker rambut, sasak rambut, cuci dan blow rambut, cat dan bliching rambut dan toning rambut. Untuk jasa wajah ditawarkan facial wajah, make up wajah, rias make up pengantin pijat wajah dan untuk perawatan badan disediakan jasa mandi uap, lulur susu, pijat refleksi, pediqure dan mediqure.
Harga yang ditawarkan dalam usaha tersebut sangat menggiurkan khususnya berada pada lokasi perkuliahan mahasiswa maka harga masih terjangkau dan relatif murah jika dibandingkan dengan harga salon di tempat lain, bahkan bisa mencapai 30 persennya. Dari segi kualitas, barang-barang yang ada di Beauty Salon ini tidak diragukan lagi, sebab barang-barang yang ada didatangkan dari produsen yang berkualitas. Dan dari segi pelayanan jasa yang akan ditawarkan, sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan sebab asisten salon merupakan lulusan terbaik dan profesional sehingga dalam pengerjaannya terampil dan hasilnya. tentu tidak akan mengecewakan para pelanggan nantinya,


3.2              GAMBARAN PASAR

Persaingan usaha di bidang beauty salon dewasa ini semakin gencar khususnya di ibutkota. Untuk menarik perhatian pasar diadakan promo khusus seperti diskon besar-besaran untuk menarik jumlah pengunjung sebanyak-banyaknya. Walaupun tengah persaingan banyak salon yang sangat ketat, usaha Beauty Salon  masih mampu bertahan dengan meningkatkan kualitas dalam memuaskan pelanggan dengan mode/tren rambut yang sesuai permintaan pasar walaupun  untuk mempertahankan bisnis beauty tidaklah mudah, selain bersaing dengan salan yang terkenal dan memiliki pelanggan tetap, beauty salon juga harus bersaing dengan salon kecantikan lain yang menggunakan konsep baru dengan tekonologi baru dan trend baru.

3.3       TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

            Wanita

            Remaja

3.4       TREND PERKEMBANGAN PASAR

            Persaingan usaha di bidang alaon kecantikan dewasa ini semakin marak. Diskon besar-besaran ditawarkan oleh salon ternama untuk menarik jumlah pengunjung ebanyak-banyaknya. Beauty salon juga harus bersaing dengan salon lainnya yang dengan menggunakan konsep baru, yakni salon kecil dengan harga terjangkau dengan kualitas yang dan jasa yang dihasilkan juga sesuai dengan permintaan pelanggan. Karena itu untuk tetap mempertahankan diri, beauty salon ini harus memiliki strategi khusus dalam menarik para pelanggan untuk dapat terus menikmati jasa yag ditawarkan. Dalam hal ini perusahaan harus benar-benar efektif dan tepat dalam menerapkan strategi tersebut baik itu dengan pemasaran produk kecantikan. Semua aspek bauran pemasaran merupakan suatu mata rantai yang tidak dapat terpisahkan dan saling mempengaruhi. Empat aspek bauran pemasaran berupa harga, produksi, promosi, dan saluran distribusi amat menentukan berhasil tidaknya perusahaan mencapai tujuan

3.5       STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
 Peningkatan kualitas produk kecantikan

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Memberikan diskon khusus

    KEGIATAN PROMOSI
- Mencari peluang pasar pada situs-situs web
- Pembuatan brosur, daftar pelanggan, daftar pelayanan dalam mini iklan san membagikannya pada outlet-outlet tertentu

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Harga disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat lapisan menengah ke bawah khususnya bagi para mahasiswa

3.6       ANALISIS PESAING

               PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Salon kecantikan ternama dan salon kecantikan yang semakin menjamur
1.      Jenis produk kecantikan lebih bervariasi
2.      Harga terjangkau
1.         Modal rendah
2.         Mutu produk rendah

3.7       SALURAN DISTRIBUSI

WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.     Wilayah Pemasaran
ü  Lokal...................100%

2.     Jalur Distribusi
Individu


 








KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

Lebih berkualitas dan memuaskan pelayanannya sesuai dengan tren rambut masa kini serta harga terjangkau dengan produk kecantikan yang berkualitas.




4.2              BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
SUMBER
Obat pelurus rambut
Obat keriting rambut
Obat creambath
Cat Rambut
Lulur
Toning rambut
Hair spray
Make up
Lipstik
Pembersih wajah
18 botol
13 botol
50 botol
40 botol
25 botol
30 botol
15 botol
8 kotak
15 warna
10 botol
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung
Produsen langsung











5. ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

ANALISIS KOMPETENSI SDM

    


6.         RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

6.1       RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

    STRATEGI PEMASARAN
1.      Dibuka di lokasi padang bulan atau sekitarnya
2.      Promosi penjualan dengan jaminan produk kecantikan serta memasang iklan/sebaran
3.      Harga disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat lapisan menengah ke bawah khususnya mahasiswa


    STRATEGI KEUANGAN
1.      Penambahan investasi modal untuk pengembangan usaha
2.      Pengendalian sistem keuntungan





6.2       TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN USAHA

KEGIATAN
bulan ke -
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
Promosi penjualan





v
v
v
v
v
v
v
Pengendalian sistem keuangan







v
v
v


Pelatihan karyawan
v
v
v
v








Peningkatan produktivitas karyawan



v
v
v
v
v







7.         ANALISIS KEUANGAN

7.1       LAPORAN KEUANGAN

LAPORAN ARUS KAS
One Fashion
TAHUN 2009


Januari
February
Maret


2009
2009
2009
A.
PENERIMAAN




Penerimaan Penjualan
6.000.000
6.500.000
8.000.000

Penerimaan Pinjaman
0
0
0

Sub Total Penerimaan
0
0
0
B.
PENGELUARAN




Pembelian Bahan Baku
1.000.000
1.000.000
1.000.000

Gaji Pimpinan@ 2 orang
2.000.000
2.000.000
2.000.000

Gaji Staf @ 3 orang
1.800.000
1.800.000
2.100.000

Transport (Pengiriman Produk)
100.000
100.000
150.000

Listrik
300.000
400.000
400.000

Air
150.000
200.000
200.000

Sub Total Pengeluaran
5.350.000
5.500.000
5.850.000
 C.
SELISIH KAS
750.000
1.000.000
2.150.000
 D.
SALDO KAS AWAL
8.000.000
8.750.000
9.750.000
 E.
SALDO KAS AKHIR
8.750.000
9.750.000
11.900.000





7.2  RENCANA ARUS KAS (CASH – FLOW)

RENCANA ARUS KAS (dalam juta rupiah)
[Beauty Salon]
UNTUK TAHUN 2010
















Jan
-10
Feb
-10
Mar
- 10
Apr-10
Mei -09
Juni
 -10
Juli  -10
Agust -10
Sept -10
Okt-10
Nov -10
Des -10
A.
PENERIMAAN













Penerimaan Penjualan
6
6.5
8
8
9
9.5
10
10
11
13
15
17

Penerimaan Pinjaman
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0
0

Sub Total Penerimaan
6
6.5
8
8
9
9.5
10
10
11
13
15
17
B.
PENGELUARAN













Pembelian Bahan Baku
1
1
1
1.3
1.4
1.4
1.3
1.4
1.4
1.5
1.55
1.6

Transport (Pengiriman Produk)
0.1
0.1
0.15
0.15
0.2
0.2
0.15
0.2
0.25
0.3
0.4
0.5

Gaji Pimpinan
2
2
2
2
3
3
3
3
3.4
3.4
3.8
4
1
Gaji staf
1.8
1.8
2.1
2.1
2.1
2.1
2.4
2.4
2.4
2.8
2.8
3.2

Air
0,15
0,2
0,2
0,25
0,3
0,3
0,3
0,3
0,4
0,4
0,5
0,5

Listrik
0,3
0,4
0,4
0,45
0,5
0,5
0,55
0,6
0,6
0,6
0,6
0,65

Sub Total Pengeluaran
5.35
5.5
5.85
6.25
7.5
7.5
7.7
7,9
8.45
9
9.65
10.45

SELISIH KAS
0.75
1
2,15
1.75
1.5
2
2.3
2,1
2.55
4
5.35
6.55

SALDO KAS AWAL
8
8.75
9.75
11.9
13.65
15.15
22.65
24.95
27.05
29.6
33.6
38.95

SALDO KAS AKHIR
8.75
9.75
11.9
13.65
15.15
22.65
24.95
27.05
29.6
33.6
38.95
45.5


7.4       RENCANA KEBUTUHAN PINJAMAN

TOTAL NILAI KEBUTUHAN PINJAMAN / MODAL *)
-

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL INVESTASI *)
-

TOTAL NILAI KEBUTUHAN MODAL KERJA *)
-


7.5       RENCANA PENGEMBALIAN DANA PINJAMAN

JANGKA WAKTU PENGEMBALIAN *)
-

MASA TENGGANG PEMBAYARAN *)
-







 8.        ANALISIS DAMPAK DAN RESIKO USAHA

8.1       DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

Secara langsung dampak dari didirikannya beauty salon ini adalah adanya penyerapan Tenaga Kerja di sekitar Lingkungan

8.2       ANALISIS RESIKO USAHA

- Kenaikan harga beli produk dari produsen diatas 10 % .
- Kenaikan upah tenaga kerja sebesar 20%
- Penurunan pengunjung

8.3       ANTISIPASI RESIKO USAHA

- Membuat kontak dengan tenaga kerja unutk meningkatkan mutu pelayanan
- Memperluas  saluran distribusi pemasaran dan penekanan peningkatan kualitas pelayanan kepada customer
- Membuat promo khusus dalam bulan-bilan tertentu



LAMPIRAN
ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS
  1. KEKUATAN
1.      Produk
Harga jual produk kecantikan yang relatif rendah bila dibandingkan dengan toko- toko lainnya
2.      Pelayanan costemer
Meningkatkan mutu dan kualitas tenaga kerja salon



  1. KELEMAHAN
1.      Produksi
Tenaga kerja tidak diiringi dengan kemampuan menciptakan pasar
2.      Fungsi Pemasaran
Kurangnya strategi pemasaran

  1. PELUANG
1.      Persaingan
Tingkat persaingan yang sehat membuat prospek usahanya lebih besar di masa yang akan datang
2.      Peluang Pasar
Peluang permintaan pasar cukup tinggi khususnya para wanita




1 komentar:

  1. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus